Tips Agar Berani Mengatakan “Tidak” Di Kantor
Ada kalanya dalam bekerja Anda butuh mengatakan “Tidak” saat
diberikan kerja tambahan. Bukan berarti Anda bisa seenaknya saja menolak
tugas dari atasan, tapi Anda juga harus tahu kapan saatnya siap bekerja
ekstra dan kapan saatnya menolak.
Berikut ini adalah beberapa tips agar bisa mengatakan “Tidak” di kantor.
Hati-hati terperangkap
Karena sering mengiyakan setiap tugas yang diberikan, Anda pun kerap
dianggap sebagai seseorang yang bisa dilimpahkan pekerjaan saat orang
lain tak sanggup.
Mungkin ada kesan bangga di awalnya, karena Anda jadi merasa dapat
diandalkan. Tapi jika tumpukan kerja terlalu banyak, sementara Anda
punya tanggung jawab sendiri, lama-kelamaan Anda pun jadi stres dengan
jumlah pekerjaan tersebut.
Berikan alternatif
Saat akan kelimpahan pekerjaan, coba berikan alternatif solusi pada
atasan atau rekan kerja. Misalnya, Anda meminta orang lain yang
sepertinya sedang tidak sibuk atau meminta tenggat waktu yang berbeda.
Cara ini merupakan cara halus untuk menolak pekerjaan.
Ketahui prioritas Anda
Anda harus tahu mana tugas utama Anda. Jangan sampai tugas tambahan
malah membuat Anda tidak bisa mengerjakan tugas utama tersebut. Saat
Anda dilimpahi tugas, katakan Anda masih punya beberapa pekerjaan lain
yang harus segera diselesaikan. Jadi apakah tugas tambahan itu bisa
menunggu atau lebih baik diberi pada orang lain.
Namun satu hal yang patut diingat, jangan selalu menolak pekerjaan
yang diberikan karena bisa mengesankan Anda tipe karyawan pemalas yang
tak mau berkembang.
Anda harus bisa tahu saat yang tepat untuk menolak dan kapan untuk
mengiyakan. Lihat kembali deskripsi pekerjaan, prioritas kerja, dan
tanggung jawab pekerjaan saat ini. | LifeStyle







