Header Ads

SAHABAT UMARA BERGERAK MEREBUT SIMPATIK MASYARAKAT KOTA UNTUK UMARA PERIODE II

Konsep Pemenangan SAHABAT UMARA
Untuk maju sebagai calon Kepala Daerah yang dipilih langsung oleh masyarakat pemilih, popularitas atau tingkat pengenalan publik (awareness) terhadap kandidat menjadi sangat penting, bak kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Logikanya untuk tiba pada keputusan memilih, tentunya mereka perlu mengenal sang calon terlebih dahulu dan yang mereka kenal tentunya tidak cuma satu calon saja.

Kandidat UMARA sebagai Calon Petahana, tentu mempunyai tingkat awareness yang lebih tinggi daripada kandidat yang lainnya, keunggulan strategi kampanye yang memanfaatkan Keberhasilan Kepemimpinannya dalam memimpin Pemko Langsa Periode 2012 – 2017 serta keterikatan emosional sebagai kandidat 100% lokal, hal ini harus terus dikampanyekan dan dijadikan salah satu taqline.

Berbagai survey membuktikan bahwa pada umumnya besaran elektabilitas selalu dibawah angka popularitas. Kandidat yang bisa mendapatkan suara mencapai 80% dari yang mengenalnya sangat jarang terjadi dalam Pilkada, justru yang terjadi umumnya jauh dari angka tersebut. Konsekuensinya, dikenal luas oleh masyarakat pemilih menjadi wajib hukumnya bagi setiap kandidat.

Popularitas tidaklah sepenuhnya menjamin seorang kandidat terpilih, tetapi jauh lebih baik bila semakin banyak orang mengenal, menaruh simpati, menyukai dan menaruh harapan kepada seorang kandidat dan tentunya yang terbaik adalah bila mayoritas yang mengenal seorang kandidat akan memilihnya pada Pilkada. Sebagai contoh, seorang kandidat yang dikenal oleh 50 % pemilih dan elektabilitasnya 80%, maka kandidat tersebut berhasil meraih 40% suara, jauh lebih baik daripada dikenal sampai 80% pemilih tetapi elektabilitasnya cuma 40%, yang berarti kandidat tersebut hanya mendapatkan 32% suara, dan untuk ini ada pada calon petahana yang di kenal dengan nama UMARA.

Di era pemilihan langsung ini, pencitraan kandidat menjadi sangat penting, tidak semata mata menebar popularitas melalui jargon, iklan, spanduk, baliho, rapat umum dan aktifitas lainnya. Yang diperlukan adalah bagaimana membuat seorang kandidat menjadi top of mind masyarakat pemilih dengan tepat sasaran. Tentunya melalui proses kerja intelektual dan kreatif yang berbasiskan pengetahuan  dan pengalaman disertai riset tentang demography, psikografi, sosial, budaya, persepsi masyarakat, isu lokal-nasional dan berbagai hal lainnya, untuk mendapatkan Candidate Branding yang pas di hati masyarakat pemilih.

Untuk meningkatkan elektabilitas (tingkat keterpilihan) maka, kami SAHABAT UMARA melalui jaringan UMKM, Organ Satuan Tugas dan jaringan pemilih pemula serta mengingat waktu pelaksanaan Pemilukada yang sudah semakin dekat, menerapkan startegi-strategi sebagai berikut :

Peningkatan PopularitasUntuk meningkatkan popularitas bisa dilakukan hal-hal berikut ini:

A. Peningkatan Popularitas
No
Kegiatan
Jumlah
Output
Waktu
Keterangan
1
Produksi media komunikasi massa cetak
500 UMKM, Pemilih Pemula, dan masyarakat umum
3000 orang mendapatkan informasi keberhasilan kepemimpinan Calon


2
Produksi media komunikasi massa out door dengan menonjolkan data keberhasilan serta untuk kalangan muda penggunaan kata kampanye yang lebih gaul
Seluruh masyarakat Kota Langsa
Terproduksi media kampanye Outdoor


3
Produksi iklan media radio
Seluruh Masyarakat
Iklan dengan memperhatikan berbagai segmen terproduksi


4
Kampanye Canvasing Door To Door
Seluruh Masyarakat
Minimal 80 % Rumah Tangga terkunjungi dengan melibatkan relawan kampanye.


5
Eksis di jejaring sosial Facebook atau Twiter dan My Friends Gathering (Pertemuan dengan penggemar atau kawan di Facebook dan Twiter).
Masyarakat segmen muda 17 – 35 tahun
Up date status terkini mengenai keberhasilan melalui jejaring sosial. My Friends Gathering terlaksana



Peningkatan Elektabilitas
Melalui Kegiatan Berikut:
No
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
Keterangan
1
Merilis hasil survei tim kampanye terhadap elektabilitas calon (Exit Poll)
Seluruh masyarakat dan diplubikasikan melalui media
Hasil Exit poll dipublikasi bahwa tingkat elektabilitas calon kita tertinggi dibandingkan  yang lain
Setiap Minggu Exit Poll dirilis
Survei bisa dilakukan melalui sms atau media jejaring sosial. Setiap minggu ada hadiah hiburan untuk para responden terpilih.
2
Kunjungan Langsung kebeberapa UMKM yang berhasil dan Inovatif di Kota Langsa
UMKM yang berhasil dan inovatif
Terbangun image keberpihakan kepada UMKM


3
Lomba Menulis Rencana Bisnis bagi Pelajar SMA dan Perguruaan Tinggi memperebutkan Piala Calon
Pelajar SMA dan Mahasiswa di Langsa
Lebih dari 1000 pelajar dan mahasiswa berpartisipasi


4
Penganugerahaan Piala Calon Walikota untuk karya Rencana Bisnis terbaik
Peserta Penulisan
Image Positif dan dekat dengan kalangan muda
 Minggu ke-II

5
SMS content data keberhasilan
Seluruh penguna HP di Langsa
Penguna HP tahu data-data keberhasilan pembangunan
Minggu ke III  sampai Minggu ke-II bulan berikutnya
Kerjasama dengan content provider Telkomsel dan XL

Menjaga Suara Pemenangan
Untuk menjamin suara yang diperoleh di TPS terdokumentasi dengan baik, bisa dilakukan hal-hal berikut:

No
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
Keterangan
1
Pembentukan Tim Saksi
Seluruh Saksi terdistribusi di 270 TPS dan sebelumnya mendapatkan pelatihan
Saksi punya guideline apa yang harus diperhatikan dan dipersaksikan serta ada template pelaporan cepat
Minggu ke III  sampai Minggu ke-III bulan berikutnya
Oleh tim kampanye
2
Pembentukan Tim Mobilisator penyampaian hasil pemilihan
Adanya koordinator jangkar untuk masing-masing PPS
Minimal 66 koordinator jangkar direkrut dan dilatih singkat serta ada template pelaporan cepat
Minggu ke III  sampai Minggu ke-III Bulan berikutnya

3
Real Count Hasil Pemilihan
270 TPS
Pelaporan real count dari relawan di Lapangan
Hari H


Rencana Anggaran Yang Di Butuhkan
Dari rencana kegiatan yang ditawarkan adapun kegiatan yang dapat memungkinkan dilakukan SAHABAT UMARA adalah:
A. Peningkatan Popularitas
No
Kegiatan
Jumlah
Perkiraan Biaya
Waktu
Keterangan
1
Produksi media komunikasi massa cetak
3000 Eks Tabloid tercetak dan terdistribusi



2
Produksi media komunikasi massa out door dengan menonjolkan data keberhasilan serta untuk kalangan muda pengunaan kata kampanye yang lebih gaul



Dilakukan Tim Kampanye
3
Produksi iklan media radio



Dilakukan Tim Kampanye
4
Kampanye Canvasing Door To Door



Dilakukan Tim Kampanye
5
Eksis di jejaring sosial Facebook atau Twiter dan My Friends Gathering (Pertemuan dengan pengemar atau kawan di Facebook dan Twiter).
4 Operator dan 4 Unit Laptop disediakan SAHABAT UMARA Oparasional ditanggung calon dan 1 kali Gathering


SAHABAT UMARA dapat menjadi Pusat Informasi melalui media jejaring sosial
B. Peningkatan Elektabilitas
No
Kegiatan
Jumlah

Waktu
Keterangan
1
Merilis hasil survei tim kampanye terhadap elektabilitas calon (Exit Poll)
Ada 4 kali survey yang dilakukan


Bisa dilakukan bersama tim kampanye
2
Kunjungan Langsung kebeberapa UMKM yang berhasil dan Inovatif di Kota Langsa
Ada 4 UMKM dikunjungi


Untuk persiapan dan snack peserta kunjungan
3
Lomba Menulis Rencana Bisnis bagi Pelajar SMA dan Perguruaan Tinggi memperebutkan Piala Walikota
Distribusi template rencana bisnis serta honor 4 tim juri


Kerjasama dengan lembaga pendidikan dan tim kampanye
4
Penganugerahaan Piala Walikota untuk karya Rencana Bisnis terbaik
1 kali. Ada 3 pemenang dan 3 pemenang harapan.


Kerjasama dengan lembaga pendidikan dan tim kampanye
5
SMS content data keberhasilan
Seluruh penguna HP di


Kerjasama dengan content provider Telkomsel dan XL
C. Menjaga Perolehan Suara
No
Kegiatan
Jumlah
Biaya
Waktu
Keterangan
1
Pembentukan Tim Saksi
Seluruh Saksi terdistribusi di 270 TPS dan sebelumnya mendapatkan pelatihan


Tim Kampanye
2
Pembentukan Tim Mobilisator penyampaian hasil pemilihan
Adanya koordinator jangkar untuk masing-masing 66 PPS


Tim Kampanye
3
Real Count Hasil Pemilihan



POSKO SAHABAT UMARA Sebagai Pusat Data Real Count kerja sama dengan Tim kampanye

Peningkatan Popularitas
Dari Sejak Mendeklarasikan Mendukung UMARA pada tanggal 24 Desember 2015 hingga kini, SAHABAT UMARA telah membentuk jaringan sampai tiap gampong diseluruh kota Langsa, Satuan Tugas OUTSUS, Satuan Tugas KASUS dan Satuan Tugas Mobile yang setiap harinya bergerak dengan berbagai variasi strategi yang terdapat pada Panduan Strategi Pemenangan UMARA untuk Periode Kedua. (by.koceb)
Diberdayakan oleh Blogger.