SAHABAT UMARA BERGERAK MEREBUT SIMPATIK MASYARAKAT KOTA UNTUK UMARA PERIODE II
Konsep Pemenangan SAHABAT UMARA
Untuk maju sebagai calon Kepala Daerah yang dipilih langsung oleh masyarakat pemilih, popularitas atau tingkat pengenalan publik (awareness) terhadap kandidat menjadi sangat penting, bak kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Logikanya untuk tiba pada keputusan memilih, tentunya mereka perlu mengenal sang calon terlebih dahulu dan yang mereka kenal tentunya tidak cuma satu calon saja.
Kandidat UMARA sebagai Calon Petahana, tentu mempunyai tingkat awareness yang lebih tinggi daripada kandidat yang lainnya, keunggulan strategi kampanye yang memanfaatkan Keberhasilan Kepemimpinannya dalam memimpin Pemko Langsa Periode 2012 – 2017 serta keterikatan emosional sebagai kandidat 100% lokal, hal ini harus terus dikampanyekan dan dijadikan salah satu taqline.
Berbagai survey membuktikan bahwa pada umumnya besaran elektabilitas selalu dibawah angka popularitas. Kandidat yang bisa mendapatkan suara mencapai 80% dari yang mengenalnya sangat jarang terjadi dalam Pilkada, justru yang terjadi umumnya jauh dari angka tersebut. Konsekuensinya, dikenal luas oleh masyarakat pemilih menjadi wajib hukumnya bagi setiap kandidat.
Popularitas tidaklah sepenuhnya menjamin seorang kandidat terpilih, tetapi jauh lebih baik bila semakin banyak orang mengenal, menaruh simpati, menyukai dan menaruh harapan kepada seorang kandidat dan tentunya yang terbaik adalah bila mayoritas yang mengenal seorang kandidat akan memilihnya pada Pilkada. Sebagai contoh, seorang kandidat yang dikenal oleh 50 % pemilih dan elektabilitasnya 80%, maka kandidat tersebut berhasil meraih 40% suara, jauh lebih baik daripada dikenal sampai 80% pemilih tetapi elektabilitasnya cuma 40%, yang berarti kandidat tersebut hanya mendapatkan 32% suara, dan untuk ini ada pada calon petahana yang di kenal dengan nama UMARA.
Di era pemilihan langsung ini, pencitraan kandidat menjadi sangat penting, tidak semata mata menebar popularitas melalui jargon, iklan, spanduk, baliho, rapat umum dan aktifitas lainnya. Yang diperlukan adalah bagaimana membuat seorang kandidat menjadi top of mind masyarakat pemilih dengan tepat sasaran. Tentunya melalui proses kerja intelektual dan kreatif yang berbasiskan pengetahuan dan pengalaman disertai riset tentang demography, psikografi, sosial, budaya, persepsi masyarakat, isu lokal-nasional dan berbagai hal lainnya, untuk mendapatkan Candidate Branding yang pas di hati masyarakat pemilih.
Untuk meningkatkan elektabilitas (tingkat keterpilihan) maka, kami SAHABAT UMARA melalui jaringan UMKM, Organ Satuan Tugas dan jaringan pemilih pemula serta mengingat waktu pelaksanaan Pemilukada yang sudah semakin dekat, menerapkan startegi-strategi sebagai berikut :
Peningkatan PopularitasUntuk meningkatkan popularitas bisa dilakukan hal-hal berikut ini:
Peningkatan PopularitasUntuk meningkatkan popularitas bisa dilakukan hal-hal berikut ini:
A. Peningkatan Popularitas | |||||
No
|
Kegiatan
|
Jumlah
|
Output
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Produksi media komunikasi massa
cetak
|
500 UMKM,
Pemilih Pemula, dan masyarakat umum
|
3000 orang
mendapatkan informasi keberhasilan kepemimpinan Calon
|
||
2
|
Produksi
media komunikasi massa out door dengan menonjolkan data keberhasilan serta untuk
kalangan muda penggunaan kata kampanye yang lebih gaul
|
Seluruh
masyarakat Kota Langsa
|
Terproduksi
media kampanye Outdoor
|
||
3
|
Produksi iklan media radio
|
Seluruh
Masyarakat
|
Iklan dengan
memperhatikan berbagai segmen terproduksi
|
||
4
|
Kampanye
Canvasing Door To Door
|
Seluruh
Masyarakat
|
Minimal 80 %
Rumah Tangga terkunjungi dengan melibatkan relawan kampanye.
|
||
5
|
Eksis di
jejaring sosial Facebook atau Twiter dan My Friends Gathering (Pertemuan
dengan penggemar atau kawan di Facebook dan Twiter).
|
Masyarakat
segmen muda 17 – 35 tahun
|
Up date
status terkini mengenai keberhasilan melalui jejaring sosial. My Friends
Gathering terlaksana
|
Peningkatan Elektabilitas
Melalui Kegiatan Berikut:
No
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Merilis hasil survei tim kampanye terhadap
elektabilitas calon (Exit Poll)
|
Seluruh masyarakat dan diplubikasikan melalui media
|
Hasil Exit poll dipublikasi bahwa tingkat elektabilitas
calon kita tertinggi dibandingkan yang lain
|
Setiap Minggu Exit Poll dirilis
|
Survei bisa dilakukan melalui sms atau media jejaring
sosial. Setiap minggu ada hadiah hiburan untuk para responden terpilih.
|
2
|
Kunjungan
Langsung kebeberapa UMKM yang berhasil dan Inovatif di Kota Langsa
|
UMKM yang
berhasil dan inovatif
|
Terbangun
image keberpihakan kepada UMKM
|
||
3
|
Lomba Menulis
Rencana Bisnis bagi Pelajar SMA dan Perguruaan Tinggi memperebutkan Piala
Calon
|
Pelajar SMA
dan Mahasiswa di Langsa
|
Lebih dari
1000 pelajar dan mahasiswa berpartisipasi
|
||
4
|
Penganugerahaan
Piala Calon Walikota untuk karya Rencana Bisnis terbaik
|
Peserta
Penulisan
|
Image Positif
dan dekat dengan kalangan muda
|
Minggu
ke-II
|
|
5
|
SMS content
data keberhasilan
|
Seluruh
penguna HP di Langsa
|
Penguna HP
tahu data-data keberhasilan pembangunan
|
Minggu ke III
sampai Minggu ke-II bulan
berikutnya
|
Kerjasama
dengan content provider Telkomsel dan XL
|
Menjaga Suara Pemenangan
Untuk menjamin
suara yang diperoleh di TPS terdokumentasi dengan baik, bisa dilakukan hal-hal
berikut:
No
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Pembentukan
Tim Saksi
|
Seluruh Saksi
terdistribusi di 270 TPS dan sebelumnya mendapatkan pelatihan
|
Saksi punya
guideline apa yang harus diperhatikan dan dipersaksikan serta ada template
pelaporan cepat
|
Minggu ke III
sampai Minggu ke-III bulan
berikutnya
|
Oleh tim
kampanye
|
2
|
Pembentukan
Tim Mobilisator penyampaian hasil pemilihan
|
Adanya
koordinator jangkar untuk masing-masing PPS
|
Minimal 66
koordinator jangkar direkrut dan dilatih singkat serta ada template pelaporan
cepat
|
Minggu ke III
sampai Minggu ke-III Bulan
berikutnya
|
|
3
|
Real Count
Hasil Pemilihan
|
270 TPS
|
Pelaporan
real count dari relawan di Lapangan
|
Hari H
|
Rencana Anggaran Yang Di Butuhkan
Dari rencana kegiatan yang ditawarkan adapun kegiatan yang dapat memungkinkan dilakukan SAHABAT UMARA adalah:
A. Peningkatan
Popularitas
|
|||||
No
|
Kegiatan
|
Jumlah
|
Perkiraan Biaya
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Produksi media komunikasi massa
cetak
|
3000 Eks
Tabloid tercetak dan terdistribusi
|
|||
2
|
Produksi
media komunikasi massa out door dengan menonjolkan data keberhasilan serta untuk
kalangan muda pengunaan kata kampanye yang lebih gaul
|
Dilakukan Tim
Kampanye
|
|||
3
|
Produksi iklan media radio
|
Dilakukan Tim
Kampanye
|
|||
4
|
Kampanye
Canvasing Door To Door
|
Dilakukan Tim
Kampanye
|
|||
5
|
Eksis di
jejaring sosial Facebook atau Twiter dan My Friends Gathering (Pertemuan
dengan pengemar atau kawan di Facebook dan Twiter).
|
4 Operator
dan 4 Unit Laptop disediakan SAHABAT
UMARA Oparasional ditanggung calon dan 1 kali Gathering
|
SAHABAT UMARA dapat menjadi Pusat Informasi
melalui media jejaring sosial
|
||
B. Peningkatan Elektabilitas | |||||
No
|
Kegiatan
|
Jumlah
|
Waktu
|
Keterangan
|
|
1
|
Merilis hasil survei tim kampanye terhadap
elektabilitas calon (Exit Poll)
|
Ada 4 kali survey yang dilakukan
|
Bisa dilakukan bersama tim kampanye
|
||
2
|
Kunjungan
Langsung kebeberapa UMKM yang berhasil dan Inovatif di Kota Langsa
|
Ada 4 UMKM
dikunjungi
|
Untuk
persiapan dan snack peserta kunjungan
|
||
3
|
Lomba Menulis
Rencana Bisnis bagi Pelajar SMA dan Perguruaan Tinggi memperebutkan Piala
Walikota
|
Distribusi
template rencana bisnis serta honor 4 tim juri
|
Kerjasama
dengan lembaga pendidikan dan tim kampanye
|
||
4
|
Penganugerahaan
Piala Walikota untuk karya Rencana Bisnis terbaik
|
1 kali. Ada 3
pemenang dan 3 pemenang harapan.
|
Kerjasama
dengan lembaga pendidikan dan tim kampanye
|
||
5
|
SMS content
data keberhasilan
|
Seluruh
penguna HP di
|
Kerjasama
dengan content provider Telkomsel dan XL
|
||
C. Menjaga Perolehan Suara | |||||
No
|
Kegiatan
|
Jumlah
|
Biaya
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Pembentukan
Tim Saksi
|
Seluruh Saksi
terdistribusi di 270 TPS dan sebelumnya mendapatkan pelatihan
|
Tim Kampanye
|
||
2
|
Pembentukan
Tim Mobilisator penyampaian hasil pemilihan
|
Adanya
koordinator jangkar untuk masing-masing 66 PPS
|
Tim Kampanye
|
||
3
|
Real Count
Hasil Pemilihan
|
POSKO SAHABAT UMARA Sebagai Pusat
Data Real Count kerja sama dengan Tim kampanye
|
Peningkatan Popularitas
Dari Sejak Mendeklarasikan Mendukung UMARA pada tanggal 24 Desember 2015 hingga kini, SAHABAT UMARA telah membentuk jaringan sampai tiap gampong diseluruh kota Langsa, Satuan Tugas OUTSUS, Satuan Tugas KASUS dan Satuan Tugas Mobile yang setiap harinya bergerak dengan berbagai variasi strategi yang terdapat pada Panduan Strategi Pemenangan UMARA untuk Periode Kedua. (by.koceb)